Kamis, 21 Oktober 2010

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BANTU VCD DAN MODUL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG ASUHAN KEPERAWATAN

Skripsi Jurusan Keperawatan : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BANTU VCD DAN MODUL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG ASUHAN KEPERAWATAN (PADA IBU POSTPARTUM DI BANGSAL ANGGREK 2 RSUP DR. SARDJITO).

Oleh :
RAFIKA DORA WIJAYA
04/174842/KU/11002
PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS KEDOKTERAN
UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA
Abstrak
TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG ASUHAN
KEPERAWATAN PADA IBU POSTPARTUM DI BANGSAL ANGGREK 2
RSUP. DR. SARDJITO
INTISARI
Latar Belakang : Periode postpartum merupakan masa yang penting untuk
megadopsi peran ibu dan rentan terhadap kematian. Delapan puluh persen
kematian maternal merupakan akibat kenaikan komplikasi selama kehamilan,
persalinan dan setelah melahirkan. Mengingat pentingnya adaptasi pada masa ini
maka perawat diharapkan bisa menyediakan pelayanan keperawatan dengan
memberikan pengetahuan tentang perawatan ibu dan bayi kepada ibu postpartum.
Salah satu media yang memberikan berbagai kelebihan adalah VCD dan Modul.
Media bantu VCD dan Modul ini diharapan dapat menjadi sarana pembelajaran
untuk meningkatkan pengetahuan perawat tentang asuhan keperawatan pada ibu
postpartum.
Tujuan : Untuk memperoleh informasi tentang tingkat pengetahuan
perawat/ bidan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum sebelum dan
setelah mendapat pelatihan dengan menggunakan media bantu VCD dan modul.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian preeksperimental dengan
desain one group pre test post test design. Sampel penelitian terdiri dari 11 orang
perawat/bidan di bangsal Anggrek 2 RSUP Dr. Sardjito. Sampel dipilih dengan
metode total sampling. Pre test dilakukan sebelum pemutaran VCD dan
pembagian Modul, kemudian post test dilakukan untuk mengukur tingkat
pengetahuan dilakukan setelah pelatihan. Setelah dilakukan pengisian kuesioner
tingkat pengetahuan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum selanjutnya
dilakukan cross check dengan melakukan wawancara responden. Data hasil
penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan metode persentase dan
paired- simple t-test, dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi
frekuensi.
Hasil : Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan
menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor
pengetahuan, akan tetapi hasilnya tidak bermakna. Pada topik masalah menyusui,
afterpain, perineum, perkemihan, eliminasi fekal, hemoroid dan pengetahuan
perawatan di rumah terdapat peningkatan skor tingkat pengetahuan, sedangkan
pada topik masalah nyeri punggung, kelelahan dan psikologis terdapat penurunan
skor tingkat pengtahuan. Hasil skor tingkat pengetahuan perawat/ bidan sebelum
diberikan pelatihan sudah baik sekali dan tetap sangat baik setelah diberikan
pelatihan asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan media bantu VCD dan
modul.

Kesimpulan : Pelatihan tentang asuhan keperawatan pada ibu postpartum dengan
menggunakan media bantu VCD dan modul dapat meningkatkan skor
pengetahuan, akan tetapi hasinya tidak bermakna.
Kata kunci: Postpartum, VCD, modul, pengetahuan, asuhan keperawatan, media
bantu
EFFECT OF USE OF VCD AND MODUL TO KNOWLEDGE OF NURSES

klik di sini untuk download file :

0 komentar:

Posting Komentar