Selasa, 26 Oktober 2010

Tempat Suci Orang TI (3)

4. CERN - Jenewa, Swiss
Sebuah laboratorium dan pusat penelitian nuklir yang bangunannya berukuran raksasa. Tempat ini lebih terkenal dengan mesin Large Hadron Collider, alat bantu ilmuwan yang menyelidiki asal-usul alam semesta. Namun mungkin tak banyak yang ingat bahwa CERN ialah juga tempat lahirnya World Wide Web. Tahun 1990, fisikawan, Tim Berners-Lee, dan perancang sistem, Robert Cailliau, mendesain konsep sistem informasi berbasis tautan hiperteks (hypertext links) yang mereka sebut "Mesh". Di sini pun masih disimpan server web original yang dibangun oleh Berners-Lee, bernama NeXT.

5. Bletchley Park - Bletchley Town, Inggris
Lokasi Britain's National Museum of Computing, tempat dipamerkannya mesin Colossus. Salah satu komputer biner elektronis pertama yang bisa diprogram untuk meretas kode rahasia. Mesin ini digunakan tentara Inggris selama Perang Dunia II dalam usahanya membongkar pesan-pesan rahasia Nazi bersandi Lorenz.

6. Xerox PARC - Palo Alto, California, USA
Induk dari banyak penemuan penting di dunia TI. Antarmuka grafis (GUI) pertama dibuat di sini, kabel ethernet pun pertama kali disambungkan di tempat ini. Printer laser? Editor teks bersifat WYSIWYG? Adobe Systems? Ubiquitous computing? Seluruhnya ditemukan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

0 komentar:

Posting Komentar