Selasa, 26 Oktober 2010

Tempat Suci Orang TI (4)

7. Ames Lab, Iowa State University - Ames, Iowa, USA
Laboratorium pengembangan salah satu pionir komputer digital di dunia. Atanasoff Berry Computer (ABC) adalah mesin pertama yang mampu mengintegrasikan aritmatika biner, memori regeneratif, dan sirkuit logis. Didesain dan dibangun oleh John Vincent Atanasoff & Clifford Berry sepanjang 1937 sampai 1942, komputer ini hadir lebih dulu dibanding mesin ENIAC yang juga kerap diklaim sebagai komputer pertama.


8. Moore School of Engineering, University of Pennsylvania - Philadelphia, USA
Tempat lahirnya ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer), nama yang lebih ngetop menjadi jawaban pertanyaan "Apakah komputer pertama di dunia?". Diluncurkan tahun 1946, ENIAC merupakan sistem elektronik pertama yang mampu memenuhi persyaratan komputer modern yang dilontarkan Alan Turing, sebuah prestasi yang belum dicapai komputer ABC. Pembuatnya yaitu John Mauchly dan J. Presper Eckert.

9. IBM's "Main Plant" - Poughkeepsie, N.Y.
Di pabrik inilah, sampai saat ini, IBM melakukan proses perancangan, produksi, dan peluncuran produk-produk komputer mainframe-nya. Salah satunya adalah IBM 701. Tahun 1953 yang lalu, komputer ini digadang-gadang sebagai komputer berkecepatan tinggi yang paling canggih dan paling fleksibel di dunia. Kemudian hadir pula keluarga mainframe System/360. Salah satu modelnya, S/360 Model 75, dipergunakan NASA untuk dalam proyek Apollo 11 yang bersejarah.

0 komentar:

Posting Komentar