Selasa, 16 November 2010

Vuvuzela, Kata Paling Dicari di Internet

LOS ANGELES - Sebuah survei yang melacak kata paling dicari di Internet berhasil mengukuhkan kata 'spillcam' dan 'Vuvuzela' di posisi puncak.

Survei yang diadakan oleh Global Language Monitor menempatkan 'Spillcam' di urutan teratas. 'Spillcam' merefleksikan dampak global tragedi tumpahan minyak di Teluk Meksiko yang berlangsung selama berbulan-bulan.

Sedangkan Vuvuzela menyusul setelahnya, membuktikan jika terompet asal Afrika Selatan, yang dikenal cukup memekakkan telinga, merupakan kata yang paling banyak dicari di internet. Pamor Vuvuzela mulai meledak ketika berlangsungnya perhelatan Piala Dunia di Afrika Selatan.

'Refudiate' gabungan dari kata 'refute' (menyangkal) dan 'repudiate' (tak mau mengakui), juga masuk dalam daftar 10 besar. Kata ini dipopulerkan oleh politisi AS, Sarah Palin.

Pihak Global Language Monitor mengaku mengkalkulasikan survei ini dengan menggunakan formula matematika untuk menelusuri frekuensi kata dan frasa bahasa Inggris. Seperti diketahui, bahasa Inggris telah digunakan sebagai bahasa global yang digunakan oleh sekira 1,58 miliar orang di dunia.

Selain ketiga kata di atas, Presiden China Hu Jintao juga merupakan kata paling dicari di Internet, bersamaan dengan kata 'iPad' produk tablet buatan Apple, serta 'Chilean Coal Miners' yang merepresentasikan tragedi penyelamatan 33 penambang Cile setelah terkubur selama lebih dari dua bulan.

Kata 'anger and rage' juga menghiasi daftar yang dibuat oleh Global Language Monitor pada 2010 ini, beserta 'Obamania' yang menduduki posisi terakhir di 10 besar. Kata 'Obamania' sendiri merupakan uangkapan yang cukup populer dalam kurun dua tahun ini.

"Kata populer tahun ini berasal dari ungkapan para politisi, bencana alam, Piala Dunia, dan tragedi serta insiden yang mampu menarik perhatian masyarakat dunia," ujar presiden Global Language Global, Paul JJ Payack, seperti dikutip melalui Straits Times, Selasa (16/11/2010). (Oke zone)

0 komentar:

Posting Komentar